Skip navigation

Geesh, it’s all done baby! It’s all done. Skripsi thingy is done..Β  Semuanya udah di acc tinggal ngumpulin doang. Tinggal ngumpulin dan nunggu sidang.. Dan yak, mulesnya udah tinggal sekali lagi. Abis itu insya Allah tinggal yuk capcus cyiiin…..

Rencananya sih abis gue selesai semua urusan, termasuk revisi gue mau ke Solo. Entah abis Solo gue mau capcus ke mana lagi ga tau juga sih. Yang jelas sih cus aja abis 100% kelar.. Nadzar jangka pendek. Kalo jangka panjangnya gue mau ke Malaysia, nonton F1 dan babe gue udah ngijinin gue untuk cus ke sana untuk nonton. Dia pikir gue udah paham kali yeee nonton F1 ehehehe..Β  Apa nonton di Singapur? Bosen ah kan udah. Eh ga bosen sih… Udah pernah aja kan. Walauuuuuu gue pengen lagi sih ke sana. Kangen crowd-nya… Naek MRT yang isinya sebagian besar yang nonton F1.Naek MRT sendirian tengah malem di tengah-tengah orang berbagai macam jenis!!Β  Tanpa takut diapa-apain. AMAN cyin.. Yang jelas, biar gue ga bisa bahasa inggis dengan faseeh tapi at least gue bisa ngobrol lah.. Ihihihi. Kangen budek gara2 suara mesin deh…

Sebenere gue boleh ngumpulin semua bab 1-6 dan abstrak juga karena pake kecelakaan dulu itu madam. Gara-gara kepleset di depan ruangannya gara-gara dia pake sepatu karet gitu trus abis dari kamar mandi, terus licin, dia lari trus gubrak… Kakinya keplitek juga keknya.. Gara-garanya bny yang ke pending gitu.. Sheila dari jam 11 baru maju jam 7.. Huoooow, luar biasa. Gue dari jam 2 baru maju jam 8 ampir jam setengah 9. Itu dipotong sama sinetron Anugrah, dengan keadaan mood madam yang ga bagus, dan males berargumentasi sama gue dan gue juga udah ga tau mau ngomong apa jadilah semua di ACC. Sebetulnya ada sisi ga bagus, tapi at least udah berkurang 1 beban gue.

Kalo gue lulus, langsung dah gue sujud syukur ke hadirat yang maha kuasa. Yang artinya adalah, bahwa gue selesaaaaaaai…….Semua-mua-muanya… Mudah-mudahan ga dibantai pas sidang, ya Allah!!!

Geesh, belom apa-apa gue udah kangen semuanya. Kangen kosan yang gue tinggalin selama hampir dua setengah taun ini. Kangen banget naik kereta, dari Depok ke tempat tujuan gue. Kangen naik ekspress dari Depok ke Sudirman. Kangen kampus. Kangen temen-temen seperjuangan gue. Ya Tuhan..

Lagi-lagi gue mengalami kepanikan dalam mengerjakan skripsi yang seharusnya ga boleh gue lakukan. Gue harus tenang. Setenang-tenangnya. Ga bakalan bisa deh tuh kalo gue ngerjain sambil panik. Ga bakalan bagus. Biar dikata akhirnya, biasa aja, tapi seengganya ga bakalan seancur kalo ngerjainnya sambil panik kaya gini.. 😦 Gue pasti bisa kok ngerjain skripsi dan selesaii… Pasti dan harus bisa…

Seengga-engganya juga, temen-temen gue yang sama stressnya juga banyak. Ga sebanyak itu sih. Temen-temen seperjuangan gue yang juga sama ngadatnya tuh skripsi ada Nala, Kiki sama Nisa Alfadilah. Bukannya gue nyari temen, guys. Tapi, mereka juga sepernasiban kaya gue. Mereka sama-sama stres, sama-sama pengen nangis kaya gue.Β  Satu yang pasti, di saat-saat gue lagi mentok, ada penyelamat gue.. Indar. She is definitely my savior.. Di saat gue mentok nyari informan, dia bantuin gue..

Mungkin, karena gue dulu bantuin temen gue sendiri kali ya? Bantuin temen gue lagi ngerjain skripsi. Biarpun kemarin ibaratnya ga seberapa bantuinnya. Tapi, bukannya kalo nolong orang bakal diganjar dengan 7 kali pahala? Eh, pokonya intinya gitu deh. Kalo iklas dan ga ngarep timbal baliknya, suatu saat akan dibalas.. Demi deh, gue ga ngarep temen gue bales bantuin gue ngerjain skripsi gue. Ngga… Toh dia temen baik gue. Dia udah baik bangeet sama gue. Ga pernah bikin gue kesel. Pernah tapi ya udah aja, toh, kita udah baik lagi.

Gue yakin gue bisa nyelesain skripsi gue.. Apapun yang terjadi gue harus selesai semester ini.. Kalo semester ini gue bisa nyelesain sekarang, gue mau menghadiahi diri gue sendiri dengan nonton F1 di Malaysia tahun depan. Sumpah. Walaupun gue ga terlalu tertarik dengan Malaysia -terlepas dengan konflik dengan negara kita-, tapi salah satu yang mungkin gue tonton ya GP di Malaysia. Di luar itu, masih ga mungkin. Even di Australia sekalipun. Masih belom kepikir untuk bisa ke sana.

Apapun yang terjadi, terjadilah.. Dan skripsi harus jadi dan gue wisuda dan gue ke Malaysia.

Sempat terpikir sesuatu… Berpikir, gue capek jadi orang baik. Capek. Coz kalo nanti gue berbuat salah sekali, dua kali, tiga kali, orang bilang kok bisa salah sih? Kok begitu sih dia nglakuin itu, ga mungkin banget deh? Sedangkan orang yang berperan sebagai antagonis, kemungkinannya akan dibilang seperti, “Oooh, pantes aja dia begitu.. Dia kan emang jahat. Wajarlah dia begitu.”

I don’t really like what I am now. Berasa banget gue jadi “Jahat” dan seseorang “Jahat” ke gue. Jadi “Jahat” coz menurut seseorang itu gue nglakuin sesuatu yang bikin dia kesel and I can feel that! Sekarang gini permasalahannya. Seseorang itu, suka dan agak lumayan sering seenak-enaknya sama gue. Ya, gimana gue ga mau kesel setengah mampus, kalo gue udah janjian sama dia, dia bilang oke terus pas gue dateng ke tempat, terus dianya ga ada dan ga ada kabar. Susah dihubungi juga. Ini ga cuma sekali-dua kali. Tapi lebih dari lima kali. Nah, pas kemarin Selasa itu, gue lagi susah tidur karena kepala serasa dipukulin palu godam.

Jam 6 kurang gue sms-lah dia, gue ga bisa dateng karena gue baru bisa tidur jam sekian dan kebangun jam 6 kurang itu. Dia sms gue jam setengah 9 dan gue baru bangun nanya gue latian ga. Padahal gue udah sms dia dari kapan tau dan berasa kalo dia marah karena gue bilang gue udah sms dia dari kapan tauk! Sampe sekarang pun masih pusing dan malah pilek.

Sampe jam setengah sembilan pun dia ga sms kenapa dia ga dateng hari ini. Gue juga ga akan sms dia. Kalo lo nanya antara gue dan siapa? Antara gue dan trainer gue. F*ck! Biarin aja gue ga latian minggu ini walaupun gue juga butuh, tapi gue ga salah. Smsnya juga baru nyampe beberapa jam setelah gue kirim dan gue emang lagi susah tidur dan gue ga bohong! Terserah kalo dia ga percaya, terserah kalo dia marah. Kepala gue mau pecah beneran, kepala gue sumpah sakit banget dan nyut-nyutan! F*ck him.

ThatΒ  is why, I don’t like being what I am now. Gue serasa jadi “Jahat” hanya karena masalah yang ga jelas akarnya dan gue sekaligus ngerasa dijahatin juga karena ga sepenuhnya salah gue! Gue ga mau aja kalo sampe apa yang udah kita lalui selama ini, jadi ancur hanya karena masalah yang ga jelas kaya gini. Dan gue ga suka kalo nantinya malah jadi ga enak…

Sepertinya, kalau sesuatu yang berbau Azi, gue cepet banget tau. Entah mengenai kematiannya atau sesuatu yang lain. Cepat atau lambat gue bakal tau..

Kalo gue tau ada yang menyayangi Azi, sampai-sampai dia ga bisa hidup dan atau ga bersemangat untuk hidup karena Azi ga ada, karena gue merasa gue dituntun untuk tau akan hal itu. Gue tau ada seseorang yang begitu karena gue buka Plurk setelah sekian lama. Ada temennya menjawab pertanyaan gue akan kematian Azi dan ada seseorang yang bilang kalo dia kangen Azi. Ketika gue buka plurknya ya itu dia, dia juga sayang Azi seperti gue sayang Azi -mungkin lebih-, dan dia ga bersemangat hidup karena Azi ga ada.Β  Dia juga bilang kalo dia pengen ketemu Azi. Gue berpikir, gue beruntung disamperin Azi dalam bentuk yang berbeda. Gue beruntung didatengin Azi dalam bentuk mimpi walaupun setelah itu udah ngga lagi.

Gue tau gue berlebihan.. Tapi kayanya siiih, gue satu-satunya cewek yang didatengin Azi setelah dia meninggal deh. Setelah keluarganya. Kalo cewek itu didatengin, mungkin dia bakal berasa. Mungkin emang didatengin. Ga tau juga deh, pokonya gue beruntung bisa jadi yang disayang sama Azi. πŸ™‚ Yah, ini orang kayanya emang disayang semua orang.. Love you, ayang! Bahagia ya disana..

I am back again… This morning I thought I am supposed to write 5 Best again. Well, this time, I have to write about : 5 Moments I Missed. Here they are :

5. I always missed the moment when I was in third grade on High School. There was no need to worry but final exam. My friends and I were so much fun dan kita biarpun stress, sibuk dan takut tapi kita tetep bisa ngluangin waktu untuk jalan-jalan dan ngurus ini itu. Apalagi dulu ga ngurusin banget soal pacaran walaupun salah satu yang paling penting setelah ujian. πŸ˜€ Sekarang, temen-temen gue pada mencar-mencar. Mostly, they got married and have baby. Geesh, I wanna spend time with them sooo much!! I missed them!!

4. And I miss having a short -sometimes a very short- conversation with mas Oki. A couple time ago, before Fitness First’s underconstruction, we had often conversation. 😦 Since I tried to not be near him and to go around him and now.. I suddenly missed the times being with him. The times I didn’t know he’s a gay guy and didn’t care about what he’s like.

3. I miss my very best friend, Tina.. I met her when I was in second grade in high school. Saat itu sih ga sekelas dan dia ga kenal gue but I knew her! Baru pas kelas tiga, kita sekelas dan setelah itu kita deket sampe sekarang.. Walaupun dia udah menikah dan menetap di Jogja, ga berarti juga sih putus hubungan. We’re still friends, aren’t we, Tina? Miss her and I really really really really really really wanna spend the time with her a lot!

2. Sometimes, I used to miss my RIP Kimi Raikkonen. She’s my rabbit. She only with me for 1 and half years. 😦 Dia itu nurut setengah mampus sama gue. Kalo dia ada di mana gue panggil dia selalu aja nyamperin gue. Dan, tiap kali gue lagi duduk dia selalu ke gue dan selonjoran di sebelah gue. That was true! Tiap kali gue sedih, gue curhat sama dia. Tiap kali gue suruh dia pipis dan eek di kamar mandi, dia selalu ke kamar mandi. Beneran lho. Ketika dia mau mati.. dia ngasih tanda ke gue. Waktu itu gue mau berangkat ke kampus. Masih di D3 gue. Gue masang muka dia di hape gue. Pas selesai mandi gue liat hape kok wallpaper gue putih semua. Kalo misale ngehang ga sampe 15 detik pasti muncul gambar yang kita pasang. Ini tuh ngga. cuma putih. Gue turun bokap bilang, “Dek, Kimi mati.” Yaaah.. gue sedih banget mau nangis!! Gue ga jadi kuliah dan ke kosan temen gue dan gue pergi sama dia. Pulang-pulang gue nonton tapi malah bikin gue makin sedih karena gue nonton Liverpool lawan MU dan kalah! makin-makin dong! 😦

1. Nomer satu? I missed spending time with… AZI PERMANA! Well, holding hand, smiling and laughing together, kissing, sharing a love.. Even we hide our love and never fight for the love we have.. Perasaan ga pernah bisa bohong! If someone trully loves you, they will be keeping their love till death. Just like him. Gue ga peduli kenapa orang mikir kita ga pernah beres pacaran. Selalu putus sambung, selalu ngilang-ngilangan tau-tau deket lagi. Tapi gue selalu meyakini sampai sekarang, Azi sangat sangat sangat sayang gue…Β  And we did ‘that thing’. It’s only once!

Hari ini ke Plangi ketemu temen ekstensi gue, Indar. Bukan fitness. Ketemu sama dua member yang juga anak buah mas Oki. Pas menuju Giant dari Gramed. Eh, pas dibawah ketemu mas Oki. Bersama pacarnya. Lelaki tentunya.

Runtuh udah pengharapan gue dan ke-nggamautahu-an gue, satu lagi, lepas udah kacamata kuda gue. Karena kecewa. I know he’s gay!! Tapi ga juga begini caranya. Denger dia manggil pacar -yang cowo itu tentunya- dengan sebutan “YANG!”.Β  Gue tadi sih biasa aja. Tapi tetep aja sedih. 😦 Karena udah keburu dia ngliat dan mereka pada makan di depan Giant ya udah gue samperin lagi setelah dari Giant. Udah ga bisa ngabur-ngabur lagi. Padahal sih ga kenapa-napa juga sih kalo mau kabur juga.Β  Tapi ya ngga enak juga kalo mau kabur gitu aja.

Selama ini gue ngarep kalo mas Oki suatu saat berubah. Atau, mas Oki biseksual. Jadi sebetulnya dia bisa suka sama cewe. Tapi, setelah gue denger langsung.. AAARGH.. Ga suka deh begini caranya. Bener sih yang dibilang mas Oki, kalo dulu sebelum yang dibawah dipindah ke atas, gue rajiiin banget. Sekarang gue jadi jarang dateng. Bener.. 😦 Selain gue juga ga mau ketemu mas Oki, jalan jadi macet banget! Gara-gara TransJakarta udah beroperasi. Gue sih belom ngerasain banget, kalo dari Depok ke Plangi. Tapi emang kenyataannya gitu kan?

Eeergh, ga terlalu bikin gue sedih sih. Tapi tetep AJA! Sekarang-sekarang ini gue lagi kangen sama Azi! Ya Allah, kangen! Maafin aku ya Allah. Lagi-lagi gue ga bisa menahan diri untuk ga kangen Azi! Tina tadi bilang, kalo ke makam Azi, gue bakal lebih lega ga? Gue jawab mungkin.. Gue ga tau di mana. Gue ga punya koneksi ke keluarga maupun ke temen-temennya Azi. Mau di googling juga susah. Gue udah coba juga ga nemu. Semoga aja gue tau di mana tempat peristirahatan terakhir Azi. Biar suatu saat gue bisa ke sana.

Guess I have to write about list now.. Hmm, tentang “5 Best Moments in My Life”. Well this is it!

5. Best Moment number 5 is… Be a member of Fitness First’s Plaza Semanggi. LOL! Hal terbaiknya adalah mas Oki sudah barang tentu. Hahah. Tapi akhir-akhir ini gue jarang masuk kelasnya dan gue dimarahin huhuhuhu. Yang jelas, the trainers, the members, towel men, mas O… being good in front of me. πŸ™‚

4. Perjalanan menuju Ujung Genteng merupakan satu momen yang paling menegangkan. Jalanan yang berkelak-kelok dan kecil, supir yang juga bilang sport jantung, berhenti di warung yang bilang kalo ada di Surade sebelum jam 5 subuh ada ‘bajing loncat’ membuat 7 penumpang yang isinya cewe-cewe semua ketakutan dan ga bisa tidur. Ga denger ada ‘bajing loncat’ pun udah bikin ga bisa tidur karena jalanan yang belok-belok dan jelek membuat kita mau muntah.. Tapi seengga-engganya kita have fun di sana.

3. Going to the Singapore with cousins!! Actually gara-gara gue nonton F1 sendiri sih, makanya pada ikutan. Jadi gue nonton latian ke tiga malem-malem jam 10 sampe selesai race-nya, mereka pada berkeliaran. Awalnya ngeri juga sih sendirian naik MRT dari station terdekat sampe ke station terdekat ke sirkuit. We’re having fun a lot there!! Really we were. Pake acara nyasar entah kemanalah. Nyasar yang ujung-ujungnya ke jalan belakang hotel. Hahaha. Yang jelas biar nyasar, asal kompak dan bahagia sih ga masalah hihihi.

2. Number 2’s best moments in my life is having Melie and Bule as my lovely pets. Kelinci-kelinci cewe gue ini udah berumur 4 tahun di tahun 2011. Awalnya gue punya karena kelinci piaraan gue sebelumnya Momon dan Kimi mati karna sakit gitu. Awalnya juga gue ga rela ditinggal mati dan gue ga mau ngurusin mereka gitu. Ngurusin tapi ga sepenuh hati. Pas gue awal kuliah ekstensi di tahun 2008 baru gue ngerasa wah gue ga tiap hari ketemu karena kan gue ngekos. Sejak itu gue baru ngedeketin diri sama mereka. Walaupun dengan konsekuensi mereka ga mau gue gendong karena ga gue biasain. Akhire mereka nurut sama gue karena kalo gue suruh masuk kandang pada nurut dan beberapa perintah gue yang mereka mengerti. Yang jelas I love them so much.

1. The best moment in my life was.. When I knew Azi for three years.. πŸ™‚ It meant a lot to me. Yang buruk-buruk, yang jelek-jelek, hampir ga pernah gue inget-inget dibanding gue inget-inget hal yang menyenangkan. Walaupun pertemuan kita bisa dihitung dengan jari tapi tiap kali bertemu, rasanya menyenangkan. Nyaman berada di dekatnya merupakan hal yang paling ga bisa dilupain. Cara dia tertawa, caranya tersenyum, caranya bertutur kata, cara dia menyentuh gue, cara dia meluk gue, cara dia ngeliat gue itu yang bikin gue rindu. Walaupun emang hampir jarang dia tertawa, tapi bahagia gue kalo bisa denger dia tertawa.Β  He was my special one. Dan dia pantas jadi nomer 1 dalam list “The Best Moments in My Life”. Karena? Karena gue sayang dia dan gue mengetahui dan merasakan hal yang sama dari dia. Ga ada alasan untuk sayang seseorang.

And yes, I missed my boo, Azi. 😦 What is he doing right now there? What kind of place is he in right now? Is he happy? Is his life full of bless? All I got to do is just pray him for the best.

This afternoon I feel like… Ah, I was sad. I thought about him. Felt like I knew he passed away for the first time. Tapi emang ga sedahsyat kaya dulu sih. Tapi gue ngerasa kalo dia dateng..Β  Ngerasa kalo dia ada di sekitar gue. Gue cuma ga bisa ngejelasin apa. Gue juga ga tau ini bener apa ngga. Gue cuma ngerasa kalo dia ada di sekitar gue. Azi, mungkin, ngerasa kangen sama gue kali ya? 😦

Gue iseng-iseng untuk nyari berita kecelakaan Azi. Dan berhasil dapat. Berita di kaskus sih. Tapi at least itu menguatkan hati gue kalo dia emang meninggal dan kecelakaan. Jadi halaman kaskus itu milik kampusnya. Di situ dijelasin kalo sebetulnya Azi ngga langsung meninggal setelah kecelakaan. Tapi, sempet dirawat 10 hari dan akhirnya meninggal karena ada pendarahan (entah di mana). It was so fucking sad! Really it’s true. Damn, ayang! How much I missed you so fucking bad, ayang! Tapi aku tau yang, Allah lebih sayang kamu daripada aku.

What am I gonna say, then? Kalo misalnya Azi lebih dulu meninggal dari gue? Tanpa bertemu sebelumnya. Tanpa say goodbye. Oh geesh! What am I thinking now? Gue lagi-lagi ngalamin yang namanya sedih-sedihan lagi. Geesh! Kemana larinya gue yang setelah mimpiin Azi yang terakhir kalinya merasa bebannya hilang?? Shit man, I just can not control this feeling..

Ayang, what I can say is.. No matter what life brings me and leads me to the other man I will meet… I always love you. No matter what someone or how many girls would say “I love you” after you gone, I’m the one who has the biggest love for you. This love will never end. It’s a little too much, but it’s damn so true!

I love you.

Seesh, the surprise is still on.. Yesterday I got my first nephew. My own nephew! Wow! She’s a little girl. Bener-bener mungil dengan berat yang ‘cuma’ 2,485 kilo. She should be not now coming out. Kata dokter sih kalo ga akhir Januari, akhir Februari tiba-tiba nongol kemaren malem. Ck ck.

Gue jadi berpikir apa my beautiful baby boo sebel banget sama gue gara-gara dia sering banget gue suruh-suruh cepet keluar ya biar cepet diajak maen sama gue? Atau sebel gara-gara gue kata-katain bau sikil mulu? Atau gue colak-colek? Ga tau deh, yang jelas dia lebih cepet dari perkiraan. Pada kaget semua.

Awalnya kakak gue sakit perut mulu katanya dari pagi. Kemaren tuh emang gue, kakak gue, emak gue sama kakaknya emak gue ke nenek gue. Pulang ke rumah udah jam 3. Trus katanya, ada flek-flek gitu. Karena takut kenapa-napa akhire ke rumah sakit. Dan diperiksa ke dokter udah bukaan 2. Gue di rumah udah ga tenang dan uring-uringan. Mules juga kerjaannya. Akhire setelah sempet bolak-balik ke Rumah Sakit sampe tiga kali, jam setengah 11 malem lewat, brojol juga akhire Aciew.

Aciew?? Panggilannya ade bayi. Nama sebener-benernya adalah Namira Anindya. Kok Aciew sih? Hahaha. Jadi, a long – long time ago… Sepupunya Aciew, Dika, bilang kalo ade bayi mau diajarin maen band dan bapaknya bilang aciew deh.. Aciew deh maksudnya asik deeh dan Adeng sepupu gue nanya, Aciew namanya ade bayi? Gue jawab iya.. Since that, my baby boo called with Aciew. Sampe ditanya-tanya pas lahir, jadi resmi nih panggilannya Aciew? Gue mah terserah ponakan gue dipanggil apa yak! Yang jelas kalo gue mah tetep Aciew, no matter what. LOL.

Mukanya kaya siapa? Hadeuh, kalo umur segini mah belom ada kaya siapa-siapa.. Masih berubah-ubah. Mukanya masih kaya alien. Hahaha. But she’s cute. Really she is. Pas tadi rame-rame dateng, kerjaannya senyam-senyum dan bertingkah banyak gaya. Hahahah. She’s just like my sister! Dasar Aciew.. Oh one thing! She’s sooooo “KECENTILAN”. Hahahaha. That’s my baby boo!!

Just thinking if maybe this year’s gonna be a full of surprise year. πŸ™‚ Seminggu penuh kejutan. Yaah, mulai dari 2 hari pertama yang menyenangkan dan di hari ke empat, gue bilang suka dan sekarang soal nilai.

Efilkom yang bikin deg-deg ser pertama sebelum Semikom pada akhire dapet nilai C+. Kebantu sama UAS. UTS jangan ditanya! pas dapet 50! Udah deg-deg ser aja ya kan gue. It’s my fault, though. Tinggal dua nilai yang belom keluar, KDM sama Semikom. Semoga aja, dua-duanya bagus.. Amin amin ya robbal alamin. Anyway, satu lagi kejutan!! Kompol gue A-! Sekali-kalinyamata kuliah yang berbau politik pertama (dan terakhir) yang nilainya berbau-bau A. Dulu politik, B- apa kalo ga salah. Sistem Politik Indonesia B. Sekarang A-. Dipikir-pikir, emang sih UTS, menurut gue mayan. UAS-nya yang caur. Ini menurut gueeeeee… Abis gue ga punya catetan. Sekalinya keluar soal yang jawabannya ada di catetan yang gue ga punya itu. Kan caur. Gue cuma bisa gelisah banget. Duduk aja ga enak ahahaha.

Pfuuuh… Bener juga kata si partner. Selow aja ya mestinya. Tapi, secara gue orangnya suka cemas berlebihan. I just can’t fix that. Udah dari jaman kapan gue orangnya begitu.. Cemasnya berlebihan. Padahal belom tentu kaya gitu. Namanya juga lha ya.. That’s my number one bad habbit! *sigh. Old habbit. Kayanya yang ga bisa ilang cuma gampang cemas dan sekalinya cemas berlebihan. Mesti temenan sama yang selow selow nih gue.

Semoganya sih gue bisa dapet IP 3 lagi. Just like in these 2 terms. Agak turun ga apa-apa deeeh. Yang penting dapet tiga lagi.. Jangan dapet C atau B-. Amin amin ya robbal alamin. Selama D3 kan kayanya IP 3 cuma angan-angan. Kaya ga mungkin banget gue dapet 3. Syukur-syukur nambah lagi nilai A. Amiiiiiiiin!!!!!!!! Doakan saya.